Orang Jawa Naik Haji

PDF-file by Danarto

Orang Jawa Naik Haji PDF ebook download BUku ini sudah lama ditulis oleh Pak Danarto, sekitar 1984. Berarti usia saya masih bocah sekali waktu buku ini terbit. Buku ini termasuk buku favorit yang sering saya baca berulangkali karena lucu dan penuh dengan hikmah ibadah haji.

Yang paling saya ingat itu kisah ketika berkumpul di tempat penginapan. Namanya berangkat bersama dengan beragam jama'ah dari latar belakang yang beda-beda, pasti ada banyak hal yang tidak selalu sesuai keinginan.

Kata Danarto, misalnya, ketika suatu ketika botol madu milik seorang jama'ah perempuan tumpah ke kasur yang ditiduri beramai-ramai. Semua jadi ribut, si ibu pemilik madu jadi tidak enak hati.

"Akibatnya, kasur pun jadi 'manis',"kata Danarto. Hahaha ...

Lalu, amatan Danarto yang detil tentang apapun, juga bikin pembaca bisa ikut merasakan suasana batin mereka yang berangkat haji. Contohnya, sepasang nenek kakek orang Betawi yang kata Pak Danarto ribut terus dari sejak berangkat. Mula-mula si kakek ngomel ketika nenek mengumpulkan sendok garpu bekas makan dari pesawat. Menurutnya itu kampungan. Tapi si nenek tidak perduli. Sesampai di pondok penginapan, giliran si nenek yang marah pada si kakek atas beragam sebab.

Si nenek pun berkemas. Pak Danarto yang sejak awal memperhatikan usil bertanya,"Mau kemenong, Nek?"

"Mau pulang!"

"Hah, mau pulang kemana?" tanya Danarto.

"Ke Bogor," jawab si nenek dnegan yakinnya.

"Lah emang Bogor itu dimana?" tanya Danarto lagi.

"Itu disitu, di dekat situ!" tegas si nenek.

Hahahhaha...

Ihwal kisah macam pasangan manula yang pikun ini sempat juga saya alami ketika umrah tahun 2008 silam. Tapi mereka bukan pasutri, melainkan kakak beradik.

Sehabis shalat ashar, si adik minta kakaknya menunggu sebentar karena dia mau ambil air zamzam dalam keran air yang mengalir dalam masjid. Si kakak patuh menunggu.

MUngkin karena jumlah arah pintu keluar yang banyak di MAsjidil Haram, si adik agak keder (bingung) dan akhirnya ia keluar dari pintu yang dia yakin adalah pintu tempat dia minta kakaknya untuk menunggu. Ketika mendapati kakaknya tidak ada, si adik menangis sejadi-jadinya, lapor ke petugas dan lapor ke kepala rombongan.

Seingat saya waktu itu setelah maghrib ada seseorang yang mengantar kakaknya pulang, alhamdulillaah.. enggak jadi hilang :-)

Kepada kami, si kakak bilang," saya engga kemana-mana itu padahal, cuma nunggu di tempat yang tadi dia suruh nunggu aja."

Ya memang, jamaah yang shalat ribuan gimana engga kebingungan, apalagi orang tua.

Dari bukunya Pak Danarto ini juga mendapati sebaris kalimat yang 'menyentuh', yang diucapkan spontan dalam hatinya ketika menjejak di padang arafah untuk wukuf:

"Di sini, di padang arafah, ya Allah, air mata dan keringat hamba bercucuran sama derasnya ... "

Begitu dalam maknanya, ini kalimat terbaik yang pernah saya baca! :-)

Kalau orang aceh naik haji nanti kayak apa ya?

eBook Orang Jawa Naik Haji

FilenameFormatSizeDownload
orang_jawa_naik_haji.pdfPDF7.7 Mb
orang_jawa_naik_haji.rarRAR-archive6.93 Mb
orang_jawa_naik_haji.torrenttorrent0.08 Mb